Tuesday, July 23, 2013

Usamah Bin Ladin Tersenyum di Stasiun Metro AS


Aktivis yang menuntut penutupan Guantanamo, memasang foto Usamah Bin Ladin, yang dianggap memanfaatkan penjara itu sebagai alat provokasi

Hidayatullah.com--Para pengguna Metro di ibukota AS akan berpapasan dengan pemimpin Al-Qaida Usamah bin Ladin, yang sedang tersenyum dengan mengenakan t-shirt bertuliskan "I Love Guantanamo."

Papan iklan yang menampilkan musuh nomor satu Amerika itu jaraknya tidak seberapa jauh dari Gedung Putih. Iklan tersebut merupakan bagian dari kampanye yang menyoroti bahwa Al-Qaida menggunakan pusat tahanan AS tersebut sebagai alat untuk merekrut anggota.

Iklan di Metro dimaksudkan untuk "mengingatkan para pembuat kebijakan  bahwa penyiksaan adalah ilegal, tidak etis, dan merupakan sebuah alat utama yang digunakan Usamah bin Ladin dan jaringan Al-Qaida." Demikian menurut pembuat iklan, aktivis dari kelompok Avaaz.

Avaaz meyakini, Guantanamo merupakan simbol potensial untuk "perang terhadap teror" yang dicanangkan Presiden Bush, yang berdampak negatif berupa penyiksaan, yang mana hal tersebut digunakan Al-Qaida untuk menarik anggota baru.

Poster lainnya menggambarkan mantan Wakil Presiden Dick Cheney, seseorang yang sangat tekun membela teknik interogasi kontroversial di era Bush. Di poster itu ditulis, "Could this be Al-Qaeda's best recruiter?"

Gambar Barrack Obama juga tidak ketinggalan dibuatkan posternya. Ia yang pernah bersumpah akan menutup kamp Guantanamo bulan Januari, terlihat sedang termenung di samping slogan dalam pidato pelantikannya, "We reject as false the choice between our safety and our ideals."

Iklan kampanye tersebut semuanya ditujukan untuk menuntut ditutupnya kamp Guantanamo. Iklan dipasang di Farragut North, stasiun Metro yang paling dekat dengan Gedung Putih, dan di harian Washington Post.

Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan pada Ahad (27/9), kompleksitas dalam usaha merumahkan kembali 223 tahanan tersisa di Guntanamo berarti "akan sulit" memenuhi keinginan Barrack Obama, yang menetapkan 22 Januari sebagai batas akhir penutupan kamp tahanan Guantanamo. [di/meo/www.hidayatullah.com]

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...