Monday, August 4, 2008

Situ Cigayonggong, Wisata Air yang Murah dan Menarik



20080728173018
NETIZEN--Kabupaten Subang, selain terkenal sebagai penghasil buah nanas dan rambutan ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Data dari Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Subang, sedikitnya ada 28 tempat yang menarik untuk disinggahi wisatawan. Selama ini mungkin yang cukup terkenal adalah Sari Ater atau Ciater dengan air panasnya.

Tiap tempat wisata selalu menawarkan sesuatu yang berbeda tentunya. Begitu pula dengan tempat yang satu ini. Namanya, Situ Cigayonggong. Lokasi ini berada di Desa Kasomalang Wetan, Jalan Cagak Subang, Jawa Barat. Situ Cigayonggong menawarkan wisata air sebagai andalannya. Yakni mengelilingi situ menggunakan sepeda air. Luas situ sendiri sekitar 300m. Selain itu juga terdapat beberapa arena bermain untuk anak-anak. Diantaranya arena mandi bola, kincir angin dan kolam renang mini waterboom. Memang tak sebanyak tempat wisata lainnya. Maklum tempat ini baru dibuka tepat di Hari Lebaran 1427H atau bertepatan dengan tanggal 23 Oktober 2006. Jadi masih sedikit fasilitas yang disediakan. Jumlah pengunjungpun tidak terlalu banyak.

Fasilitas lain yang tersedia selain buat anak-anak, terdapat pula kebun Durian Montong, kolam renang buat orang dewasa, arena buat senam, arena buat memasang tenda, aula dan panggung hiburan. ”Dari konsep awal memang tempat ini dirancang untuk tempat kumpul keluarga dan arena bermain anak-anak yang alami,” Ujar pak Asep pengelola situ Cigayonggong. Pengunjung mencapai 500 orang pada hari minggu atau hari libur. Umumnya selain dari Subang pengunjung yang datang masih terbatas dari kota-kota di Jawa Barat, seperti Bandung, Sumedang, Bekasi, Purwakarta dan Indramayu. ”Ya..informasinya hanya dari mulut ke mulut,” tuturnya.

Sedikit jauh dari arena bermain anak, saya mencoba ke arena sepeda air. Cukup banyak juga sepeda air yang tersedia. Bermacam-macam pula corak dan bentuknya. Ada bentuk ikan hiu, bebek, naga, dan lumba-lumba. Mungkin ini adalah menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk naik sepeda air. Terlebih tidak di waktu berapa lama memakainya. “Tapi kalau lagi rame, biasanya paling lama 15 menit,” ujar seorang bapak operasional sepeda air. Waktu 15 menit menggunakan sepeda air tenyata cukup lama. Setidaknya itu terungkap oleh salah seorang pengunjung yang berasal dari Indramayu. ”Puas sekali! Padahal saya baru satu kali ini ke sini. Sama istri dan dua putra saya,” jawabnya singkat.

Tempat ini sebenarnya luasnya kurang dari 1Ha, tapi kepiawaan dari pengelola mampu menyulap tempat ini menjadi menarik. Ke kanan dari arena sepeda air, terdapat 2 kolam renang. Satu kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak didesain begitu lucu dan menarik, ditambah adanya patung naga dan ikan paus, seluncuran dan kran air hujan di atasnya.

Dengan tiket masuk yang lumayan murah, hanya Rp.2500,- kita sudah bisa menikmati beberapa fasiltas yang disediakan. Sementara untuk arena mandi bola, kincir angin, kolam renang dan sepeda air dikenakan biaya lagi. Rata-rata Rp.5000 per arena

Situ Cigayonggong bisa menjadi alternatif tempat wisata pilihan keluarga, yang murah dan nyaman karena lokasinya yang jauh dari keramaian kota. Dari kota Subang sendiri jaraknya sekitar 16 Km. Jalan menuju Situ Cigayonggong pun sungguh sejuk dengan pemandangan kebun teh di kiri kanan jalan. Dan menariknya situ ini berada dibawah Pondok Pesantren Darussalam. Pesantren ini konon adalah pesantren tertua dan sangat terkenal di Kab.Subang. Jadi selain bisa berekreasi dengan berwisata air, kita juga bisa menikmati bangunan pesantren dan suasana pesantren dari Situ Cigayonggong.

1 comment:

  1. udah lama gak main ginian :D



    http://www.robert-id.com

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...