Wednesday, March 26, 2008

Apakah Anda Mendengkur.?

Mendengkur bukan berarti anda tidur nyenyak.Mendengar pasangan tidur kita mendengkur seperti suara lokomotif yang rusak, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, stres, pisah kamar, BAHKAN TERJADI PECERAIAN akibat ngorok yang dahsyat itu.

Mendengkur atawa ngorok dapat diindikasikan sebagai gangguan pernapasan pada saat tidur, yang jika dibiarkan :akan menjadi lebih parah dan dapat mengakibatkan apnea tidur obsruktif atau Obstruktive Sleep Apnea (OSA).

Apakah OSA itu ???

Umumnya pada saat tidur, otot-otot yang mengendalikan lidah dan langit-langit lunak menahan agar saluran udara bagian atas tetap terbuka. Jika otot-otot ini meregang, maka saluran atas udara bagian atas akan menyempit sehingga timbul dengkuran, bahkan kadang-kadang terjadi kesulitan bernapas, dan peregangan otot-otot yang berlebihan akan dapat menyebabkan saluran napas menjadi tertutup dan menyebabkan tidak bisa bernapas, (ini namanya jurus KOIT mengundang NYAWA) dan dapat berakibat pada kematian.

Kondisi inilah yang disebut dengan Obstruktive Sleep Apnea (OSA).

Gejala Penderita OSA.

OSA dapat dikenali dengan mudah:

•1. Biasanya si penderita tidur mendengkur dengan keras disertai dengan henti napas. Banyak penderita yang tidak menyadari kalau tidurnya terganggu.

•2. Penderita menjadi lebih mudah tersingggung.

•3. Sakit kepala di pagi hari.

•4. Mengalami rasa lelah, ngantuk yang berlebihan di siang hari.

•5. Penderita bahkan bisa tertidur ketika sedang bekerja, berkendaraan,(ini jurus koit mengundang nyawa jilid II), membaca atau nonton televisi.

Jika hal tersebut tidak ditangani dengan serius, maka si penderita OSA akan menghadapi konsekwensi yang lebih berat, termasuk tekanan darah tinggi,stroke,gangguan jantung akut, masalah sexual (Nah...Lho..!!), kehilangan daya ingat,(masih muda dah pikoen), dan kemerosotan intelektual.

OSA adalah kondisi umum yang dapat ditemukan pada berbagai usia, mulai dari bayi sampai orang dewasa, baik pria maupun perempuan.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...