Friday, June 6, 2008

Gua Seplawan, Gua Penuh Pesona Lukisan Alam Artistik


Objek wisata alam Gua Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Dari pusat kota Purworejo, perjalanan ke gua ini dapat ditempuh sejauh 20 km ke arah timur yang membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam. Gua ini terletak pada ketinggian 700 m di atas permukaan laut sehingga menjamin adanya kondisi udara yang sangat sejuk.

Gua ini banyak mengundang minat banyak wisatawan karena memiliki daya pikat utama berupa lukisan alam yang sangat artistik pada dinding guanya. Lukisan artistik itu berupa bentuk ornamen yang menyerupai kerangka ikan. Ornamen itu yang menghiasi secara indah pada dinding gua. Gua sepanjang sekitar 700 meter ini juga kaya akan sajian keindahan lain yang alami berupa stalagmit, stalaktit, flow stone, helekit, soda straw dan gouwer dam. Namun tetap perhatian utama pada gua ini adalah keindahan lukisan alam yang ada di dalam gua tersebut.

Di dalam Gua ini banyak terdapat cabang-cabang (lorong). Namun, pengunjung tidak perlu khawatir akan tersesat dalam banyak lorong ini, karena gua ini sudah diterangi dengan penerangan yang memadai. Panjang Gua Seplawan ini kurang lebih sejauh 700 m dengan cabang-cabang gua-nya yang mempunyai panjang sekitar 150 – 300 m dan berdiameter 15 m. Gua alam ini mulai menjadi sangat terkenal pada saat ditemukannya arca emas Dewa Syiwa dan Dewi Pawestri seberat 1,5 kg pada tanggal 28 Agustus 1979 yang kini sudah disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Keadaan sekitar gua ini sangat menunjang keindahan tempat tersebut dengan pemandangan alam yang begitu indah dan tumbuhnya berbagai flora antara lain lumut (di mulut gua) serta berbagai tanaman paku-pakuan. Juga adanya hutan pinus yang semakin menciptakan suasana yang asri. Para pengunjung juga disuguhi dengan taman bunga yang ada di sekitar gua.

Salah satu hal yang menarik lain yang ada pada objek wisata ini adalah adanya gardu pandang dengan latar belakang Gunung Kelir. Melalui gardu ini pengunjung dapat menikmati indahnya panorama alam dengan latar belakang Gunung Kelir. Bahkan, pengunjung dapat melihat jelas Kota Yogyakarta bila cuaca cerah.

Jalan menuju lokasi objek wisata ini sudah cukup baik. Area parkir bagi kendaraan bermotor roda dua, empat dan bus juga memadai. Gua ini dapat dikatakan telah dilengkapi fasilitas yang lengkap. Seperti adanya listrik sebagai penerang dalam gua, MCK dan taman. Juga adanya gardu pandang dan arena perkemahan (camping ground).

Pada hari libur biasa dan libur panjang pengunjung dari Kota Yogyakarta, Cilacap, Purwokerto, Bandung, Semarang dan Jakarta sering mengunjungi objek wisata alam ini dengan menggunakan mobil pribadi maupun bus pariwisata. (*/cax)

1 comment:

  1. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://seni-budaya.infogue.com/gua_seplawan_gua_penuh_pesona_lukisan_alam_artistik

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...