Friday, June 13, 2008

Permalukan Jerman, Kroasia ke Perempat Final

Kroasia meledak. Tampil di Worthersee Stadion, tim besutan Slaven Bilic tampil penuh determinasi menghadapi Jerman, Kamis malam—WIB. Performa impresif Vatreni meredam keganasan Der Panzer dalam lanjutan putaran penyisihan Grup B. Membekuk Jerman 2-1 (1-0), Kroasia melangkah pasti ke babak perempat final.

Dua gol Kroasia disumbangkan Darijo Srna dan Ivica Olic. Sedangkan gol balasan yang tidak mampu menghindari Jerman dari kekalahan dicetak Lukas ‘Poldi’ Podolski. Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Kroasia atas Jerman dari delapan pertemuan atau menjadi memori manis Bilic yang ikut serta menundukkan lawan yang sama pada Piala Dunia 1998.

Kroasia memang layak disebut ‘pembunuh raksasa’. Tim yang menjadi batu sandungan Inggris di babak kualifikasi tampil trengginas di Klagenfurt, Austria. Strategi Bilic yang menempatkan lima gelandang mampu meredam dominasi lini tengah Michael Ballack dkk. Babak pertama dimulai Kroasia tanpa sungkan meladeni Jerman dengan permainan terbuka.

Sampai 10 menit pertama pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Jerman yang tampil tanpa perubahan di starting line-up dikunci oleh Niko Kovac dkk. Memasuki menit ke-24 serangan berbahaya pertama Kroasia membuahkan gol. Dari kerjasama Ivan Rakitic dan Niko Krancjar di sisi kiri diteruskan umpan silang Danijel Pranjic. Bola menyayat pertahanan Jerman dan diselesaikan Srna yang masuk dari lini kedua. Jens Lehmann tidak bisa berbuat banyak dan Kroasia unggul 1-0.

Jerman keluar untuk memburu gol balasan. Sebaliknya, Krosia yang tampil tenang membalas melalui serangan cepat. Sundulan Mario Gomez melayang di atas gawang menit ke-26 dan empat menit kemudian Kroasia memiliki peluang melalui tendangan Krancjar. Menit ke-33 tendangan bebas Ballack bisa dimentahkan kiper Kroasia, Stipe Pletikosa. Beberapa detik kemudian Pletikosa kembali melakukan penyelamatan dari sebuah kemelut. Sundulan Christoph Metzelder lima menit sebelum turun minum kembali tidak menemui sasaran.

Di babak kedua Jerman menggebrak. Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew memasukkan David Odonkor dan Clemens Fritz dikembalikan ke posisi bek sayap. Jerman lebih intensif dalam menyerang. Di saat mendapat tekanan Kroasia justru menjebol gawang Lehmann untuk kedua kalinya di menit ke-62. Gol bermula dari crossing Rakitic yang menerpa Podolski dan membentur tiang dekat. Bola rebound disambar Olic dengan mudah karena Lehmann sudah mati langkah.

Loew memasukkan Bastian Schweinsteiger untuk menggantikan Mario Gomez yang tampil kurang efektif di depan. Gelombang serangan dibangun Jerman dan salah satunya gagal dimanfaatkan Schweinsteiger yang tendangannya melebar ke tiang jauh. Serangan Jerman akhirnya membuahkan hasil. Menit ke-79, Podolski menjebol gawang Kroasia lewat tendangan voli dari dalam kotak penalti, memanfaatkan bola liar dari umpan diagonal Philip Lahm.

Menit ke-82 Loew menambah lagi stok penyerang dengan memasukkan Kevin Kuranyi. Petaka bagi Jerman semakin telak menjelang pertandingan berakhir. Akibat mendorong Jerko Leko, wasit Frank De Bleeckere mengganjar Schweinsteiger dengan kartu merah. Skor akhir 2-1 dan nasib Jerman ditentukan pada partai pamungkas grup menghadapi Austria, Selasa (17/06) dinihari-WIB. Jikapun lolos, Jerman yang menempati urutan kedua kemungkinan besar akan bertemu Polandia di perempat final.

Susunan pemain:
Kroasia: 1-Stipe Pletikosa; 5-Vedran Corluka, 4-Robert Kovac, 3-Josip Simunic (kk), 22-Danijel Pranjic; 11-Darijo Srna (kk) (16-Jerko Leko 80 (kk)), 10-Niko Kovac, 14-Luka Modric (kk), 7-Ivan Rakitic; 19-Niko Kranjcar (15-Dario Knezevic 85); 18-Ivica Olic (21-Mladen Petric 72).
Jerman: 1-Jens Lehmann (kk); 16-Philipp Lahm, 17-Per Mertesacker, 21-Christoph Metzelder, 2-Marcell Jansen (19-David Odonkor 46); 4-Clemens Fritz (22-Kevin Kuranyi 82), 8-Torsten Frings, 13-Michael Ballack (kk), 20-Lukas Podolski; 11-Miroslav Klose, 9-Mario Gomez (7-Bastian Schweinsteiger 66 (km)).

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...