Wednesday, October 15, 2008

Beradaptasi Dengan Dunia Kerja

Lulus kuliah langsung kerja pastilah impian siapa pun yang sedang atau baru saja selesai bergelut dengan tugas akhir. Bahkan yang masih kuliah pun pasti berharap hal yang sama. Maka bersyukurlah mereka yang bisa langsung bekerja begitu keluar dari kampus. Umumnya para fresh graduate ingin langsung mendapatkan pekerjaan bagus dengan gaji besar. Padahal, untuk mendapatkan semua itu jelas tidaklah mudah! Makanya banyak yang merasa down begitu mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai.

Jangan pernah menganggap pekerjaan yang sepele tidak memberi kontribusi terhadap kehidupan kita. Justru pekerjaan yang sepele itu akan mengajarkan tentang dunia kerja yang sesungguhnya. Paling tidak akan menggembleng kita untuk tahan mental dan menjadi pribadi yang tangguh menghadapi tantangan. Kita akan sadar pada kenyataan bahwa mendapatkan uang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Seberapa pun sepelenya pekerjaan itu, alangkah lebih baik jika kita mulai memupuk rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan. Dengan demikian kita akan semakin memahami seluk beluk pekerjaan. Karena dari tugas-tugas yang menurut kita kurang berarti itu, kita akan memperoleh kesempatan yang lebih berarti. Sekaligus dapat lebih memahami karakter orang-orang dengan pekerjaan yang tidak sepele. Maka, jangan pernah sekali pun merasa down jika setelah lulus mendapatkan pekerjaan yang kurang sesuai dengan harapan.

Kalau kita rajin dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan, bukan tidak mungkin akan mendapatkan posisi yang lebih baik. Juga jangan menutup mata terhadap kesempatan yang lebih baik. Buka mata dan telinga lebar-lebar terhadap semua informasi pekerjaan di luar pekerjaan sekarang. Di sinilah gunanya tetap menjaga hubungan baik dengan relasi yang kita punya.

Penting untuk diingat, saat memasuki dunia kerja, tanggalkan mental anak kampus yang selama ini melekat pada diri mahasiswa. Dunia kampus jelas berbeda dengan dunia kerja. Jangan bawa-bawa sikap kekanak-kanakan dan emosionil yang selama ini identik dengan sikap mahasiswa.

Dengan selalu menunjukkan responsibilitas, kredibilitas, dan loyalitas terhadap pekerjaan, bukan mustahil pekerjaan yang sepele itu hanya tinggal kenangan. Artinya, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik akan segera tercapai.(war/dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...