Friday, May 1, 2009

Keranjingan Facebook Sebabkan Mahasiswa Malas?


Anak Anda keranjingan Facebook? Berhati-hatilah. Temuan terbaru, ada kemungkinan terjadi penurunan nilai untuk siswa pengguna Facebook

Menurut studi yang dilakukan oleh Ohio State University, semakin sering seseorang menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu belajarnya dan semakin buruk pula nilai-nilai mata pelajarannya.

Begitu tertulis dalam laporan studi yang mengambil sampel 219 mahasiswa Ohio State University. Namun penulis laporan mengatakan, laporannya hanya memperlihatkan kemungkinan hubungan antara penggunaan Facebook dan menurunnya nilai-nilai yang seseorang peroleh di sekolah.

Fakta-fakta pengguna Facebook, untuk mengetahui status yang dikabarkan oleh teman-teman mereka. Termasuk mengirim posting, menambah aplikasi, dan chatting (ngobrol) dengan sesama pengguna dan kenalan baru.

Studi menemukan, dengan kegiatan ini siswa jam telah menghabiskan waktu kurang dari satu jam per minggu.

Peneliti Ohio State University menyebutkan, 65 persen mahasiswa setiap hari mengakses Facebook minimal satu kali dan menghabiskan setidaknya satu jam di laman tersebut.

Yang menarik, 79 persen dari pengguna Facebook merasa bahwa menggunakan laman tersebut tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan mereka. Namun yang terpengaruh adalah nilai ujian.

‘’Ini ibarat perbedaan antara dapat nilai A dan B,’’ kata Aryn Karpinski, peneliti Ohio State yang menanyai 219 mahasiswa untuk penelitiannya.

Jillian Pratt, seorang mahasiswa kimia di University of Alberta mengatakan, penggunaan Facebook tidak menyusahkan sama sekali baginya. Facebook hanya menjadi selingan pekerjaan.

Sumber : The Calgary Herald




No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...