Sunday, June 13, 2010

Warga Desa Hidup Lebih Lama


Ingin hidup lebih lama? Tinggalkan kota, dan cobalah pindah ke daerah pedesaan. Penduduk desa, menurut sebuah studi dari Badan Statistik Nasional Inggris (Office for National Statistics), dua tahun hidup lebih lama dibandingkan warga yang hidup di daerah perkotaan.

Meskipun Anda miskin dan hidup di daerah pedesaan, menurut studi ini, Anda cenderung hidup lebih lama dibandingkan warga kota dengan penghasilan lebih besar. Temuan ini mendukung bukti lama bahwa angka harapan hidup tertinggi dipegang oleh warga di area pedesaan yang lebih makmur. Selain itu, kehidupan di pedesaan cenderung bertahan lebih lama dibandingkan kehidupan di daerah pinggiran kota.

Secara umum, lelaki yang hidup di pedesaan cenderung hidup antara 78 dan 79 tahun. Sedang angka harapan hidup lelaki di perkotaan hanya mencapai 76. Perempuan di perkotaan rata-rata bertahan hingga 81, tapi di pedesaan perempuan hidup hingga antara 82 dan 83 tahun.

Apa penyebabnya? Udara bersih, ruangan terbuka lebar yang bisa digunakan untuk berolahraga dan gaya hidup yang lebih sehat, merupakan faktor di belakang lebih tingginya angka harapan hidup di pedesaan.

"Ketersediaan udara bersih, lingkungan hijau dan kesempatan berolahraga di ruang terbuka diyakini mempunyai pengaruh kuat terhadap kesehatan," terang peneliti, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Kamis (27/5). Selain itu, menurut laporan tersebut, area pedesaan jarang mengalami kekurangan. 

Sumber : www.hidayatullah.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...