Thursday, February 17, 2011

keyakinan pada diri sendiri?


MUNGKIN itu salah satu yang menjadi hambatan semua orang dalam lingkungan dan pergaulannya adalah, ‘kurang percaya diri’. Semua orang sebenarnya punya masalah dengan istilah yang satu ini. Ada orang yang merasa telah kehilangan rasa kepercayaan diri di hampir keseluruhan wilayah hidupnya. Mungkin terkait dengan soal krisis diri, depresi, hilang kendali, merasa tak berdaya menatap sisi cerah masa depan, dan lain-lain.

Ada juga orang yang merasa belum pede dengan apa yang dilakukannya atau dengan apa yang ditekuninya. Ada juga orang yang merasa kurang percaya diri ketika menghadapi situasi atau keadaan tertentu. Berdasarkan praktek hidup, kita bisa mengatakan bahwa yang terakhir itu normal dalam arti dialami oleh semua manusia.

Sebenarnya apa sih yang kita maksudkan dengan istilah pede/kepercayaan diri itu? Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.

Kalau kita gali rasa percaya diri ini bisa menghinggapi semua orang dengan berbagai hambatan psikologis yang terjadi tidak begitu saja, tapi melalui proses panjang yang salah satunya adalah pengalaman masa lalu yang traumatis, merasa memiliki kekurangan yang tidak bisa diampuninya dan penyesalan terhadap kondisi kehidupan yang sulit serta penyiksaan psikis dari orang lain sehingga menyimpan rasa bersalah dan kemarahan yang luar biasa.

Trauma seseorang mungkin masiih menjadi hantu yang sulit dihindarikan. Perasaan rendah diri berasal dari pengalaman masa kecil. Semuanya bisa dari wujud fisik yang terkadang menghalangi niat untuk melakukan sesuatu. Rasa malu, sulitnya berkomunikasi berada pada puncaknya saat menjelang pra remaja, ada seseorang yang malu dengan keramaian sehingga cenderung menyendiri dan sulit berbicara dalam pergaulannya. Untuk mendekati dan didekati seseorang saja mesti bercucurkan keringat dingin karena merasa malu dan tidak pantas menjadi temannya. lanjut akan melahirkan penyesalan sehingga merasa hidupnya tidak berarti lagi, sehingga bisa menjadi seorang pemurung yang suka berandai yang tidak real dengan kehidupan nyata, namun sisi lain bisa jadi menjadi sesuatu yang mungkin positif untuk mengurangi kadar rasa mindernya sehingga lahirlah para penulis yang mencurahkan perasaannya melalui sebuah tulisan, atau keinginan untuk berprofesi yang  tidak berhubungan dengan public langsung atau menjadi seorang dibalik layar seperti penulis, pelukis dan profesi menyendiri.

Tapi negatifnya, Saat berandaikan terhadap sesuatu, saat itupun meragu dan gelisah, termasuk sebuah cita-cita yang sangat sulit diungkapkan, walaupun disekolah sering ditanya, “mau jadi apa nanti, nak?”, bahkan untuk menjawabnya membutuhkan waktu yang sangat lama. Dis-orientasi telah menghinggapi semua orang yang punya masalah dengan rasa percaya dirinya. Akibat  nyata mereka tidak terlalu banyak teman dan sangat hati-hati dengan pertemanan dan introvert terhadap lingkungan sekitarnya dan terus akan membelenggu seumur hidupnya.

Ada yang mengingatkan terhadap sifat rendah diri ini akan sulit untuk mengembangkan potensi dan solusinya harus dipaksakan berani merubah diri. Namun bicara mudah tapi secara praktik sulit untuk melakukannya. kendala rendah diri selain kondisi internal seseorang, bisa jadi dari kondisi keluarga. Kurang bertafakur dan bersyukur terhadap nikmat Allah itulah yang menyebabkan lahirnya kurang percaya diri, termasuk perlakuan kurang baik dimasa kecil termemori dengan baik akan semua keburukan-keburukan yang terbawa sampai usia dewasa.

Nilai materi selalu menjadi standar hidup seseorang dalam berteman, punya kendaraan akan s elau ditanyakan, rumah dan kehidupan luas seperti jumlah tanah dan rumah selalu menjadi topic utama yang lajim..bagi seorang yang lemah secara mental bisa mengurangi rasa pencaya diri . bisa juga rasa rendah diri juga berasal dari konflik keluarga yang luar biasa berbekas, persaudaraan dinilai dengan pamrih, persahabatan dianalogikan dengan balas jasa menjadi standar sebuah hubungan.

Selain  ketidakpastian hidup dengan masa depan juga menjadi pemicu rasa tidak percaya diri, apa yang tidak diketahui? Kenapa yang lain mendapatkannya dengan mudah?

Darimana kita harus memulai?
Kuncinya adalah cita-cita dan pengetahuan tentang potensi diri kita, lalu berubahlah!. Bergaulah dengan  lingkungan dan keluarlah dari kamar impian dan dunia hayalan yang penuh ilusi hidup yang menipu berubah dengan hayalan produktif yang bermanfaat bagi orang lain. Lalu memulai sesuatu yang memberikan sesuatu rasa harga diri dan bisa meningkatkan keyakinan sendiri. Buatlah kita dipercayai oleh lingkungan (keluarga, sahabat, tempat kerja,dll) kalau kita bisa berubah, kemudian tingkatkan semangat hidupmu dan cari jalan hidup yang diinginkan, untuk sementara waktu pasti akan berubah-rubah dan jangan menunda sesuatu yang telah diyakini bisa anda lakukan. Jangan sampai orang yang sedang merenungi diri sendiri tidak mengetahui dan tak merasa memiliki dirinya sendiri.

Ada kata-kata sederhana, “Tetap berada dipantai dan tidak membawa anda kemana-mana”, maksudnya hanya diam tak bergerak,  tidak akan mendapatkan apa-apa.artinya jadilah seorang yang bergerak minoritas tanpa bantuan dan ketergantungan pada orang lain. Biasanya orang yang belum bergerak belum merasakan kegagalan, kegagalan itu justru hanya dimiliki oleh orang yang mengandaikans esautu yang tidak bisa diprkatikan dalam hidupnya. Mereka memanjakan kelakuannya untuk menghancurkan semangat hidupnya. Tinggalkan pantai dan rasa ketergantungan yang tak membuatnya dewasa dan tidak akan memahami siapa dirinya? tak dapat dipungkiri kita semua pasti pernah mengalami rasa tak percaya diri sesekali waktu.

Adakalanya agak sulit untuk menumbuhkan rasa percaya diri itu kembali pada saat kita sedang membutuhkan.
Sebenarnya ada latihan sederhana yang dapat dipraktekkan untuk mendapatkan rasa percaya diri Anda agar kembali ke jalurnya secepat mungkin saat dibutuhkan. Berikut ini beberapah cara membangun rasa percaya diri anda.

1. Perhatikan Postur Tubuh
Mungkin kedengarannya ini tak memiliki hubungan dengan rasa percaya diri yang kita bicarakan ini, tetapi sebenarnya bagaimana sikap duduk atau berdiri Anda, mengirimkan pesan tertentu pada orang-orang yang ada di sekekliling Anda. Jika pesan tersebut memancarkan rasa percaya diri, Anda akan mendapatkan tanggapan positif dari orang lain dan tentu saja ini akan memperbesar rasa percaya diri Anda sendiri. Jadi mulai perhatikan sikap duduk dan berdiri untuk menunjukan Anda memiliki rasa percaya diri.

2. Bergaulah Dengan Orang-Orang Yang Memiliki Rasa Percaya Diri Dan Berpikiran Positif
Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Jika Anda terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, seberapa besarpun percaya diri yang Anda miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan Anda. Sebaliknya, jika Anda dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, makan akan tercipta pula atmosfir positif yang membawa keuntungan bagi diri Anda.

3. Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri
Percaya diri adalah sebuah perasaan, dan jika Anda pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat dimana Anda merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat Anda mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran.

4. Sering Latihan
Kapanpun Anda ingin merasakan rasa percaya diri, kuncinya adalah latihan sesering mungkin. Bahkan Anda dapat membawanya dalam tidur. Dengan kemampuan yang terlatih, Anda tak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapanpun itu dibutuhkan.

5. Kenali Diri Anda Sendiri
Pikirkan segala hal tentang apa yang Anda sukai berkenaan dengan diri sendiri dan segala yang Anda tahu dapat Anda lakukan dengan baik. Jika Anda kesulitan melakukan ini, ingat tentang pujian yang Anda peroleh dari orang-orang – Apa yang mereka katakan – Anda melakukannya dengan baik? Sebuah gagasan bagus untuk menuliskan semua ini, hingga Anda bisa melihatnya lagi untuk mengibarkan rasa percaya diri kapanpun Anda membutuhkan inspirasi.

6. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri
Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri Anda. Namun, saat seorang teman sedang melalui masa sulit, Anda tak akan mau terlibat dalam masalahnya hingga menguras emosi Anda sendiri kan? Tentu saja Anda tak mau. Pebicaraan yang positif dapat berubah jadi senjata terbaik untuk menaikan rasa percaya diri, jadi pastikan Anda menanam kebiasaan ini, jangan biarkan permasalahan orang lain membuat Anda jadi terpuruk.

7. Jangan Takut Mengambil Resiko
Jika Anda seorang pengambil resiko, Anda pasti akan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tak ada yang lebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman. Selain itu, tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut Anda akan ha-hal yang tak Anda ketahui, plus bisa dari pembangkit rasa percaya diri yang luar biasa.
Lebih dari segalanya, selalu ingatlah bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan Anda selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan terbaik 

Kemasan pribadi Anda.
Kemasan yang perlu diperbaiki pertama adalah harus menghilangkan mental menyendiri merubah dengan mental keberanian bertemu manusia dimanapun, kemudian tingkatkan insiatif dengan cara berorganisasi, lalu tinggalkan tempat anda dengan pergi jauh keluar dan membuka lembaran baru dengan sahabat baru. Seiring dengan usia, ada solusi cepat lain, “menikahlah dan anda akan cepat dewasa?” memang terlalu revolusioner, tapi itu bisa meningkatkan mental percaya diri anda. Sekali lagi jangan ragu dan takut akan keputusan yang telah anda buat untuk melakukan sesuatu. 

Rasa ragu menumbuhkan ketidak pastian akan pikiran sendiri, penilaian dan kemmapuan untuk bereaksi dengan wajar. Keraguan juga timbul karena ingin diakui orang lain, sehingga kita menjauhi resiko dan masalah yang mungkin terjadi. Karena takut salah melangkah, takut gagal dan takut dikecilkan orang lain. Keraguan juga akan timbul karena kita tidak tahu akibat yang terjadi, keuntungan atau kerugian. Dikatakan bila kita terpuruk dalam rasa ragu yang besar harus bsia diatasi sendrii..ya diri sendirisolusi keraguan adlah mengubah seluruh pola, prilaku untuk kemudian bertanggungjawab atas hidups endiri. Pandanglah lurus-lurus mata kita pada pantulan baying-bayang diri sendiri, lau putuskan :”andalah yang bertanggungjawab atas hidups sendiri bukan orang tua, saudara,orang lain atas baik-buruuknya. Dengan segala kesalahan, kegagalan, kelebihan dan ekkuarang dan isilah hidup ini. Kegagalan membuktikan betapa cerdasnya kita untuk mengambil resiko mewujudkan keinginan.

Jadi keraguan itu? Dengan keraguan dan hargailah. Rasa ragu dapat membantu menunjukan dimana anda membutuhkan perbaikan diri dan aksi. Lalu analisa, apa ini keraguan dan ebrasal darimanakah? Apa wajar merasa takut?menhgadapi sitausi itu atau anda memang sungguh terancam secara emosi/fisik. Jujurlah apa penyebab ketakutan tersebut?

Putuskan apa sebenarnya yang diinginkan? Cari terus keinginan hidup anda. Ambilah resiko seburuk apapun, keinginan maju terus, tahu persis keinginan sangat mempengaruhi energy dan konsentrasi. Tangguhkan penilain langsung atas jawaban, saat belum mampu beraksi.kesadaran  akan kemampuan anda telah membuat keputsuan yang dewasa. Pilihlah apa telah mengambil langkah-langkah tertentu atas tidak. Apapun keputsuannya yakin telah mengmbil jalan terbaik.

Bacalah buku-buku, kunjungi perpustakaan, ikutlah berkumpul dan berorganisasi sekecil apapun. Beraksilah jika ingin bergerak maju, jangan menunda-nunda sampai anda mendapatkan informasi. Pengertian atau ekmampun sempurnaanda tak akan pernah berani memulai. Jadi kumpulkan keyakinan dan dan sadari, walau keputusan itu salah dan tak sesuai dengan keinginan, paling tidak anda telah menjalani hidup seperti keinginan sendiri. Dan telah menjadi diri sendiri dan belajar dalam proses hidup. Atau langkah sendiri : lihatlah diri sendiri dalam sebuah cermin besar, sebutkan nama sendiri dan keinginan atas harapan hidup. Katakan apa ada orang yang bayangannya anda lihat dihadapan anda, bahwa anda cukup sayang padanya untuk berani mengambil resiko dan berjanji emncoba segalanya untuk mencapai apa diinginkan. Bulatkan keyakinan untuk menjalani hidup seperti yang anda inginkan. Ingatkan diri anda bahwa tiap hari anda melihat bayangan anda dikaca dan akan memandang matanya lurus-lurus. Peganglah janji pada diri anda.

Percaya diri bisa ditingkatkan.
Kepercayaan diri berhubungan dengan reaksi dengan orang lain. Keadaan pikiran tanpa benar mengambarkan realitasnya. Perasaan dinomor satukan tanpa rasionalitas, hanya cemoohan atau bukti dari ketidakpahaman lingkungan akan maslah kita. Rasa percaya diri kaitannya dengan kepribadian kita bukan penampilan pisik kita. Sikap dan cara pandang dirilah yang menjadi penyebab utama memadai atau tdiaknya kepercayaan diri kita. Bertidnak fairlah terhdap diri sendiri. Lihatlah kelebihan anda.iklankan diri anda sebagai citra diri yang positif pada lingkungan.

Jangan pikikan diri anda sendiri, jangan menyatakan, “apa yang akan terjadi kalau…?” percayalah orang lain sibuk dengan ursuan amsing-masing. Mungkin sama memikirkan keadaannya seperti anda. Jangnlah terlalu banyak berfikir/cemas akan konsistensi dai tindakan sendiri dan mengurung diri sendiri bahwa kita tak bsia berbuat apa-apa dan cukup berharga untuk dapat memperoleh apa-apa dari hidup. Maka anda kenali, dimana hal ini bisa muncul dan apa saja gejalanya.lalu situasi apa yang terasa paling menyulitkan? Lalu orang seperti apa yang membuat saya merasa kurang percaya diri? Situasi apa yang paling ingin dapat saya kuasai dan dalam kenyataannya situasi seperti apa yang paling saya kuasai?.

Aplikasi dari teori diatas.
Komitmen sebenarnya yang sulit. Dimana tersirat kesungguhan, kesediaan untuk mengulang terus dan tujuan satu arah perbaikan rasa percaya diri? Awalnya carilah sesuatu yang benar-benar anda kuasai sekaligus dikuasai. Contoh, anda suka melukis. Tingkatkan hobi melukis anda dengan benar. Melukislah dan ambillah waktu untuk melukiskan semua yang anda inginkan, walaupun hasil lukisannya menurut anda jelek. Membaca buku tentang teknik melukis, belilah dan jadi kolektor buku atau berkunjunglah seminggu sekali ke perpustakaan.

Soal pekerjaan tak kunjung dapat. Cobalah memperbaiki bungkusnya, sampul surat, bentuk resume, bentuk surat lamaran. Kemudian sisi lain untuk mendapatkan sahabat, masuklah organisasi dan aktiflah menjalin hubungan dengan siapapun tanpa punya maksud apapun sekedar pertemanan.

Penampilan mungkin perlu anda perbaiki. Lihat rambut anda sudah jelas model dan ssiirannya, bagaimana sorot mata anda masih loyo, bentuk frame kaca mata anda? (anda lihat orang sukses berpenampilan. Lalu setinggi apa anda menguasai sesuatu (misalnya kemampuan bahasa inggeris anda berada level mana?) kemudian cari nilai lebih anda, misalnya rencana bisnis yang ingin anda lakukan. Berapa kemeja yang ingin anda miliki, licinkalnah sepatu anda dan hal lain, seperti kesehatan anda, biasakan olah raga seperti futsal, bangun subuh dan hirup udara pagi dalam-dalam, minumlah air putih dan tidurlah teratur.

Jadi kenali diri anda sendiri, apa kelebihan dan kekurangan sendiri, lalu berdamailah dengan diri sendiri, tak ada manusia yang sempurna, buatlah tindakan positif, lakukan sesuatu dan jangan ditunda..kenali kemajuan anda berikutnya
 Hal-hal yang membuat anda menyukai diri sendiri? Mungkin agak bingung apa yang paling kita sukai dari diri anda.
  1. Apa yang anda sukai dari penampilan anda?
  2. Apa yang anda raih sebelumnya dan ingin diraih saat ini?
  3. Apa yang anda benci terhadap diri anda sendiri?
  4. Apa yang anda paling benci dari penampilan anda ?
  5. Apa yang anda harapkan dapat atau sudah tercapai?
Dari pertanyaan diatas anda bisa memulai, sekali lagi tidak ada yang sempurna dan semua bsia diperbaiki dan semua bsia merubahnya. Walalhu alam.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...