Monday, February 14, 2011

Test Kehamilan

test packSubhanalloh, berbahagialah mereka yang telah diberikan benih dalam rahimnya dan dipercaya oleh Alloh Azza wa Jalla untuk selalu menjaganya didalam keimanan yang benar (berdasarkan Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman ulama terdahulu umat ini). Setiap mereka yang akan menjadi calon ibu pada awalnya pasti penasaran untuk segera membuktikan apakah dirinya memang telah hamil ataukah tidak. Hal ini wajar karena kehamilan memang telah ditunggu-tunggu. Dalam memastikan hal tersebut maka pasutri dapat melakukan pemeriksaan untuk memastikan kehamilannya.

Tes Urin Dengan Test Pack
Alat test pack kehamilan dilakukan melalui media urin (air seni). Tes urin dapat dilakukan sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon hCG tersebut. Saat ini alat tes kehamilan dengan berbagai cara dan bentuk telah banyak ditemui secara bebas, semua alat memiliki cara kerja yang sama.. Alat tes ini cukup mudah pemakaiannya.

Tes kehamilan ini biasanya baru dapat mendeteksi kehamilan setelah terlambat 8 – 30 hari. Hasil tes kehamilan dikatakan positif apabila terdapat dua garis atau strip berwarna merah muda terang. Mungkin, beberapa wanita sudah dapat mengetahui kehamilannya sebelum terlambat haid selama seminggu, tetapi beberapa wanita masih kesulitan dalam memastikannya, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan ulang seminggu kemudian. Jika pada saat ini belum dapat mendeteksi kehamilannya maka perlu dibantu dengan tes darah.

Tes Darah
Tes ini diperlukan untuk mengetahui terjadinya kehamilan, terutama pada kasus infertilitas atau fertilisasi bayi tabung. Tes ini dapat mendeteksi kemungkinan terjadinya kehamilan sebelum hari haidnya anda, bahkan seminggu sebelumnya. Melalui pemeriksaan darah, kehamilan akan lebih cepat diketahui. Tes darah lebih cepat dapat mendeteksi kadar hCG yang mulai meningkat satu minggu pasca pembuahan.

Tes Ultrasonografi
Ultrasonografi atau USG ini dilakukan jika tes urin atau darah tidak memberikan hasil yang pasti. Misalnya pada gangguan hormone yang membuat hadar hCG tidak mudah diukur. Akan tetapi, pemeriksaan USG ini dilakukan pada kasus-kasus tertentu saja. Tes ini biasa dilakukan sedikitnya setelah 10 hari terlambat haid.

USG adalah prosedur pemeriksaan yang aman. USG menggunakan gelombang suara tinggi yang dipantulkan ke tubuh untuk memperlihatkan rahim dan isinya dalam bentuk gambar yang disebut Sonogram, yang dapat anda saksikan di layar monitor. USG tidak menggunakan radiasi, jarum suntik, cairan atau obat-obatan yang dimasukkan ke dalam tubuh. USG sudah digunakan selama bertahun-tahun dan tidak ada kejadian yang menunjukkan bahwa USG menyebabkan gangguan pada ibu ataupun bayi. Meskipun demikian, pemeriksaan USG disarankan hanya untuk kepentingan kesehatan atau medis saja.

Sumber:
Majalah al-Mawaddah. Mei 2009
M.T Indiarti. Panduan Lengkap Kehamilan, Persalinan, dan Perawatan Bayi. DIGLOSSIA MEDIA. Yogyakarta. 2008
Subakti Yazid, S.Si. Ensiklopedia Calon Ibu. Smart Akhwat. Jakarta. 2007

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...