Tuesday, June 12, 2007

Trik mencari sekolah ?

Menurut si Aa, Kalau terus dipikirkan memang pusing menyekolahkan anak berbenturan dengan kebutuhan tahunan lainnya, apalagi tidak sempat mengasuransikan pendidikan anak kita sebelumnya. baik kebutuhan pendaftaran dan alat peralatan sekolah baru plus sekolah yang cocok dengan keuangan dan minat serta bakat anak kita. terlebih disaat kondisi ekonomi masih belum mapan jelas efisiensi dan efektifitas keuangan kita harus dipertimbangkan.
Apa yang harus dipertimbangkan saat ingin memasukan sekolah terutama kejenjang menengah dapat dilihat dari beberapa hal : 1> Orientasi menyekolahkan (mau lanjut kuliah jelas anda harus memasukan ke SMA dengan pertimbangan keuangan, keuangan untuk kuliah tidak bisa diperkirakn dan anda akan lebih baik kalau dimasukan ke sekolah kejuruan yang sesuai dengan bakat dan minat sianak, kerena peluang kerja dari SMK lebih prosfektif. Apalagi kemungkinan pemerintah akan memperhatikan sekolah kejuruan karena kebanyakan lulusan SMA malah tidak kuliah, sedang jenjang sekolah dasar dan lanjutan orientasi penanaman keagamaan pada anak dijadikan landasan utama biar anda tidak lagi membenahi sendiri pemhmn keagamaan sejak dini setelah menitipkan sekolah berbasis agama yang kuat jelas bekal si anak sangat perlu dipertimbangkan bila dibandingkan dimasukan kenegri yang dirasakan masih kurang materi keagamaannya, baru membebaskan si anak saat masuk jenjang SMA/SMK) 2>. Status sekolah (negeri tidak masalah, tapi kalau anda memilih sekolah swasta biasa non unggulan (boarding school) harus melihat akreditas-nya) 3>. Lokasi sekolah jelas akan berpengaruh terhadap biaya transpfortasi harian dan kondisi fisik anak, sehingga perlu adanya informasi yang lengkap sekolah sekeliling rumah kita, selain bisa mudah mengontrol anak ke sekolah. 4>. keunggulan sekolah, poin yang tidak bisa dilewatkan untuk memasukan sekolah seperti adanya program akselerasi, atau kompetensi seperti hapalan juz 30 Al-Qur'an atau pelatihan dan ekstrakurikulernya yang lengkap, kegiatan karya ilmiah dan daya serap clink and mach di dunia kerjanya bagaimana?termasuk adakah beasiswa sehingga bisa meringankan bebasnya pendidikan 5>. Kualifikasi guru-pun harus kita tanyakan, apakah ada guru non-S1 atau bagaimanakah pengalaman dan kemampuan profesionalnya. 6>. Kemampuan pembiayaan, jauh lebih pentingkan karena kita ketahui biaya pendidikan di negara kita sangat mahal terutama sekolah swasta unggulan jauh lebih mahal harganya, jangan sampai anda idelis ingin memasukan ke sekolah terbaik sementara kemampuan keuangan kita masih minim 7>. jelas mencari sekolah yang prospektif untuk bekerja setelah lulus jauh lebih efektif untuk menghemat pengeluaran keuangan anda.
Sebagai orang tua kita selalu memberikan yang terbaik dan pendidikan terbaik bentukwarisan yang abadi dari kita sehingga masa depannya jauh lebih baik daripada pendidikan orang tuanya.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...