Tuesday, January 29, 2008

Hitam putih Engkong Harto


Berbicara hitam putih para mantan pemimpin kita jelas memberikan wacana yang luar biasa dan jasa mereka dapat terlihat setelah mereka meninggal. Apapun alasannya jasa pak Harto tidak bisa dilupakan bagi rakyat, termasuk kebijakan politiknya juga yang sampai sekarang menyisakan persoalan baru bagi kita, tapi wafatnya beliau jelas menutup semuanya, biarlah hakim dunia tidak bisa menyentuhnya, tapi yang Maha tinggi di akhirat kelak sulit dihindari.

Saya kira hukum masyarakat lebih dari sekedar cukup meninggalkan penderitaan. Setelah ditinggal bu Tien isterinya yang meninggalkan kesedihan luar biasa, disusul hancurnya keluarga besar cendana dengan perceraian beruntun anak mantunya dan terpenjaranya anak kesayangannya Tommy Soeharto, termasuk hujatan dan cacian orang-orang yang dulu pernah tersakiti. "Soeharto boleh meninggal tapi status hukum bagi kroni dan antek-anteknya harus tetap jalan", begitu cetusan kebencian para demonstran mahasiswa dan dapat lihat pesan masyarakat Indonesia.

Apapun alasan Soeharto sedikit lebih baik dibandingkan dengan presiden setelah beliau bahkan dengan reformasi sekalipun ternyata tidak bisa merubah tatanan ekonomi dan sosial bangsa yang besar ini. selamat jalan bapak pembangunan, semoga dosa-dosa dan kehilapan beliau diampuni oleh Allah SWT. Bangsa yang besar, bangsa yang tidak lupa pada jasa pemimpin dan orang tuanya.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...