Tuesday, January 29, 2008

Tahapan berhenti merokok


Untuk berhenti merokok. Anda harus mempunyai niat yang kuat. Berhenti merokok bisa sukses kalau anda, secara fisik dan metal, siap menjalaninya. Jadi menghentikan merokok memang tidak bisa semena-mena. Situs yahoo health menuliskan tahapan yang harus dijalani.

Tahapan itu adalah :

  1. membangkitkan motivasi. Pikirkanlah apa yang memotivasi anda untuk berhenti merokok. Keinginan untuk hidup sehat bisa menjadi alasan terbaik.
  2. tuliskan kekhawatiran-kekhawatiran anda tentang merokok. Apakah hal yang paling mengkhawatirkan anda?apakah anda takut mengalami sakit karena rokok? Apakah anda menyayangi orang-orang disekitar anda? Menjawab pertanyaan itu akan membantu anda mengambil keputusan.
  3. pikirkan keuntungan yang anda dapatkan bila anda berhenti merokok. Tanmakan dalamdiri anda bahwa anda mampu meraih semua itu.
  4. kuatkanlah hati untuk menghadapi efek samping berhenti merokok. Tanamkan dibenak anda bahwa efek samping itu hanya sementara saja. Anda bisa meyakinkan diri bahwa semua itu akan ada manfaatnya. Mintalah dukungan dari teman dekat atau keluarga untuk mengatasi hal itu. Jadi bila anda merasa stress karena tidak merokok, orang-orang dekat itu bisa menguatkan anda.
  5. tanamkan terus-menerus dialam ebnak anda bahwa berhenti merokok lebih banyak manfaatnya daripada tetap merokok. Anda bisa memasang tulisan-tulisan kecil tentang perlunya berhenti merokok dilemari pakaian anda, dicermin kamar anda, dipintu kamar, didalam dompet, dipintu kulkas. Pokoknya ditempat dimana anda sering datang.
  6. kalau anda ingin berhenti merokok selamanya, tetapkan tujuan anda. Bagi tujuan besar anda menjadi tahapan-tahapan kecil sehingga anda akan merasa lebih ringan saat melakukannya.
  7. beri diri anda hadiah bila tujuan kecil itu tercapai. Hadiah itu akan memacu diri anda lebih baik. Agak sukar memang berhenti mendadak, anda harus melakukan tahapan-tahapan berhenti merokok. Awalnya anda harus mengurangi jumlah rokok yang anda bakar.
  8. siapkan diri anda bila anda jatuh lagi kejurang rokok. Hal itu memang umum terjadi. Seorang pecandu rata-rata sembilan kali mencoba berhenti merokok sampai benar-benar berhasil. Jangan menyerah tetapkan lagi niat untuk berhneti dan jalankan dengan lebih baik, semoga anda terbebas dari lilitan nikotin.

Sumber : Warta Kota, 27 Januari 2007, halaman.13.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...