Monday, February 25, 2008

China Anjurkan Masyarakat untuk Laporkan Perokok



Untuk menunjukkan keseriusan pemerintah China melawan para perokok, baru-baru ini pejabat kesehatan meminta masyarakat untuk melaporkan para perokok

ImageHidayatullah.com--Pejabat kesehatan di Kota Chongqing, China mendesak masyarakat untuk melaporkan kerabat mereka ke pemerintah bila terbukti melanggar larangan merokok. Kebijakan ini bagian dari kampanye di dua distrik di kota itu guna mengatasi efek negatif dari merokok pasif.

Nama orang yang dituduh merokok itu akan diposkan ke dalam daftar peringatan yang dipasang di papan pengumuman untuk masyarakat.

Selain itu, larangan merokok di tempat kerja juga akan diuji coba di bangunan publik. Seorang atasan di rumah sakit, yang organisasinya ikut dalam uji coba itu, berjanji akan memberi bonus buat tim yang anggotanya berhasil menemukan orang yang ketahuan merokok. Merokok sangat populer di China.

Tiongkok memiliki 350 juta orang perokok, mulai dari usia 15 tahun dan lebih tua, atau satu di antara tiga perokok di dunia.Ada sekitar 350 juta perokok di sana akibat merokok.

China sudah mengeluarkan larangan merokok di tempat umum sejak 1996. Akan tetapi, larangan tersebut tidak dilaksanakan, sehingga selama dasawarsa terakhir jumlah konsumsi rokok di China bertambah.

Sejauh ini China adalah konsumen tembakau terbesar, maka saat China menandatangani perjanjian FCTC pada tahun 2005 merupakan saat yang bersejarah.

Berbeda dengan larangan merokok pada tahun 1996, pemerintah China kini merencanakan berbagai sanksi yang nyata terhadap penggunaan tembakau. [www.hidayatullah.com]

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...