Wednesday, June 11, 2008

Google Halangi Akses ke Situs Depkeu.go.id




Screenshot Peringatan dari Google

Google menghalang-halangi akses pengguna internet ke situs Departemen Keuangan Indonesia di depkeu.go.id. Ada masalah apa Google dengan Depkeu? Ternyata Google menganggap situs Depkeu melakukan penyebaran program jahat.

Keganjilan itu pertama kali dilaporkan pembaca detikINET melalui e-mail yang diterima redaksi Rabu (11/6/2008). Syarifudin Aziz, pekerja di Kantor Pelayanan Pajak, melaporkan bahwa pada Selasa malam (10/6/2008) pencarian Google yang mengarah ke Depkeu.go.id akan memunculkan peringatan untuk tidak mengunjungi situs itu.

Jika pengguna nekat mengklik link ke Depkeu.go.id, Google akan menampilkan halaman peringatan. Dari halaman itu baru pengguna bisa mengakses situs Depkeu.go.id.

"Awalnya saya kira browser saya --opera-- yang bermasalah, namun setelah saya coba buka dengan Internet Explorer dan menghasilkan peringatan yang sama, saya pastikan bukan browser saya yang bermasalah," ujar Syarifudin.

Penelusuran detikINET pada Rabu (11/6/2008) juga menunjukkan hasil yang sama. Google menyatakan situs Depkeu.go.id berisiko menyebarkan program jahat ke komputer yang mengaksesnya.

Menurut analisa 'Safe Browsing'-nya Google, dari 117 halaman yang diuji pada server Depkeu.go.id selama 90 hari terakhir terdapat satu halaman yang mengandung program jahat yang bisa menginfeksi komputer pengunjung secara diam-diam. Konten berbahaya itu ditemukan pada 7 Juni 2008.

Program jahat tersebut diduga berasal dari situs China, yaitu killpp.cn dan nihao112.com. Selain itu Google juga mendeteksi adanya domain qiqicc.cn yang berfungsi sebagai perantara penyebaran.

Meski demikian, analisa Google itu menegaskan bahwa program jahat yang dimaksud tidak disimpan dalam server Depkeu.go.id. Situs Depkeu juga tidak menjadi perantara penyebaran program jahat itu ke situs lain.

Apa yang terjadi pada situs Depkeu? "Dalam beberapa kasus, pihak ketiga bisa menambahkan kode jahat pada situs yang sebenarnya tidak berbahaya. Hal ini akan membuat kami menampilkan pesan peringatan," sebut Google.
Sumber : www.detiknet.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...