Wednesday, June 11, 2008

Kejahatan Internet Bahayakan Ekonomi

Inggris - Aktivitas kejahatan cyber yang terus meningkat bakal mengancam ekonomi negara-negara Uni Eropa. Misalnya saja, penyebaran spam alias pesan sampah merugikan bisnis di sana senilai 56 miliar euro per tahunnya.

Hal tersebut diungkap lembaga European Network Information Security Agency (ENISA). Maka jika tak ada langkah serius, ancaman ini bakal makin nyata dampaknya bagi negara negara Eropa.

Peringatan ENISA itu diperkuat vendor keamanan komputer AVG Technologies yang merilis hasil survei 7000 pemakai komputer di Eropa. Dari survei ini ditemukan, 22 persen responden pernah mengalami kejahatan cyber di mana Italia berada di posisi satu diikuti Inggris.

AVG menggarisbawahi bahwa peningkatan kejahatan cyber ini dipicu tingginya pemakaian internet untuk transaksi keuangan serta rendahnya kesadaran keamanan di kalangan pemakai komputer.

Pasalnya, 18 persen komputer di rumah tangga Eropa tak dilindungi anti virus. Sementara 38 persen pemakai komputer merasa bahwa informasi kejahatan cyber amat sedikit. Karenanya, diperlukan usaha nyata untuk menangkal kejahatan internet.

"Ketika batas dunia luruh di ranah online, penting bagi pelaku bisnis maupun rumah tangga untuk tahu bahwa mereka bisa bertransaksi online dengan aman," tutur CEO AVG Tech, JR Smith menanggapi survei itu, seperti dikutip detikINET dari Siliconrepublic, Selasa (10/6/2008)

Sumber :
www.detiknet.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...