Sunday, August 23, 2009

Kogyaru, Fashion anak SMA di Jepang

Definisi Kogyaru

Istilah Kogyaru berasal dari kata Ko dan Gyaru, kō yang disingkat dari kata kōkō dalam bahasa Jepang yang berarti SMU dan gyaru dari kata girl dalam bahasa Inggris yang berarti gadis

Ciri-ciri umum Fashion Kogyaru

1. Sailorfuku atau seragam pelaut
Kogyaru biasanya mengenakan seragam sejenis seragam angkatan laut (sailorfuku) dengan rok mini pendek di atas lutut. Warna dan model tergantung SMU.

2. Loose Sock
sejenis kaos kaki longgar yang terkenal di Jepang, yang mulai populer di Jepang pada tahun 1995, bentuknya lebar, panjang (mencapai lutut) dan sengaja dibuat mencuat ke bawah hingga tulang kering seperti penghangat kaki.

3. Atsuzoko
berasal dari kata atsu yang berarti tebal dan zoko atau soko yang berarti sol atau hak sepatu, jadi atsuzoko dapat diartikan sebagai hak sepatu yang tebal. Atsuzoko disini merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sepatu ber hak tinggi yang mencapai 25-30 sentimeter.

4. Chapatsu
warna rambut yang sedang populer dikalangan Kogyaru yaitu rambut yang di warnai pirang kecoklatan. Chapatsu dibuat dengan cara bleaching, yaitu memutihkan warna rambut asli, ataupun pewarnaan (dyeing).

5. Asesories
tas-tas dan jam tangan bermerk seperti Gucci, Louis Vutton yang sangat mahal dan terkenal. ponsel-ponsel terbaru dan canggih yang mendukung lifestyle mereka.

Pusat kebudayaan dan aktivitas Kogyaru

* Sekitar distrik Shibuya, Dept. Store: Shibuya 109 (Ichimarukyu)
* Ikebukuro,
* di sekitar Harajuku,
* tempat mereka bisa menemukan karaoke murah, fast food, barang-barang bermerk, dan keramaian.

Fashion

Kogyaru dan Budaya
Budaya anak muda dan perkotaan (Youth Culture and Urban), yaitu budaya yang dinikmati untuk bersenang-senang diantara teman sebaya, dengan menekankan pada penampilan dan gaya, di kalangan remaja atau kaum muda perkotaan.

* Budaya bersenang-senang
* Hubungan lebih ditekankan pada hubungan teman sebaya daripada keluarga
* Kelompok kaum muda yang tertarik kepada gaya, seperti pemilihan pakaian yang berbeda, musik, bahasa pergaulan, dan penampilan diri
* Penguin Dictionary of Sociology dalam Nur (2003)

Upaya mendukung lifestyle kogyaru:
Gadis remaja seperti Kogyaru banyak melakukan kerja freeter guna mendukung lifestyle mereka, meskipun beberapa dari mereka ada yang bergantung pada latar belakang orang tua yang kaya (parasit single).

Daftar Pustaka:
Kawamura (2004). Jurnal: The Japanese Teens as Producers, Marketers, and Distributors of Street Fashion. Fashion Institute of Technology State University of New York.
Kogal .(2005). http://en.wikipedia.org/wiki/Kogal
Nur, Izumi Diana. (2003).Trend Fashion di Kalangan Remaja Putri Jepang (Suatu Perspektif Aktualisasi Diri).
http://en.wikipedia.org/wiki/shibuya




No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...