Monday, June 9, 2008

podolski benamkan negeri leluhurnya

Penyerang Lukas Podolski membawa Jerman menang 2-0 atas Polandia, yang merupakan negara leluhurnya, dalam pertandingan pertama mereka di Grup B Euro 2008 di Stadion Wothersee, Klagenfurt, Austria, Minggu (8/6).

Podolski merupakan pemain kelahiran Polandia dan orang tuanya juga asli negeri itu. Meski kemudian diajak keluarganya hijrah dan berganti warga negara Jerman, Podolski tetap fasih bahasa Polandia dan senantiasa menonton televisi negeri Eropa Timur itu.

Tapi dengan profesionalisme tinggi, penyerang Bayern Muenchen itu tetap bermain serius demi Jerman. Gol pertama dicetak pada menit ke-20 setelah menerima umpan matang dari Miroslav Klose, yang juga kelahiran dan berdarah Polandia.

Sementara gol kedua dicetak Podolski pada menit ke-72 saat bola tendangan Klose yang mental diteruskan Podolski dengan tendangan keras tanpa bisa dicegah kiper Artur Boruc.

Secara keseluruhan, Jerman memang lebih unggul dari Polandia yang baru kali ini tampil di putaran final Piala Eropa. Kendati demikian, Polandia, yang diasuh pelatih asal Belanda Leo Beenhakker, kerap merepotkan pertahanan Jerman.

Bahkan saat pertandingan baru dimulai, Jacek Krzynowek hampir menjebol gawang Jens Lehmann ketika bola tendangannya melambung dari sasaran. Sementara di menit ke-35 giliran Maciej Zurawski yang membuang peluang ketika bola tendangannya melenceng tipis di sebelah gawang meski mengeksekusinya dari posisi bebas.

Adapun Jerman seharusnya bisa mencetak lebih dari dua gol jika Klose dan Gomez lebih tenang menyelesaikan peluang. Di menit keempat, Gomez gagal meneruskan umpan Klose, yang kerap lolos dari jebakan offside, di depan gawang yang sudah kosong.

Sedangkan kapten Michael Ballack juga bisa mencetak gol di menit ke-70 jika tak ada Boruc yang menepis tendangan keras jarak jauhnya.

Di masa akhir pertandingan, Polandia sempat memberi ancaman melalui pemain naturalisasi Roger Guerreiro. Namun Lehmann menunjukkan kepiawaiannya di bawah mistar dengan melakukan penyelamatan gemilang.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 untuk kandidat juara Jerman tak berubah. Skuad binaan Joachim Loew itu untuk sementara memimpin Grup B dengan nilai tiga diikuti Kroasia dengan nilai sama namun kalah selisih satu gol. (Hdn)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...